Laman

Gambaran Seputar Ternak Cendet di Rumah

Gambaran Seputar Ternak Cendet di Rumah begitu diharapkan demi kelangsungan penerus generasi dari penjarahan sistematis dg rasio mengkhawatirkan bila grafik mengalami penurunan secara signifikan, walaupun ini hanya gambaran atau simulasi, tapi diharapkan tingkat keberhasilan penangkaran budidaya Pentet menjadi sukses besar.

Proses gambaran Penjodohan Cendet / Pentet / Toet

Burung Cendet Betina yang telah siap berbiak / kawin lebih dulu di masukkan dalam sangkar besar (sangkar breeding) agar burung merasa aman di daerah tersebut, sementara Cendet Jantan biarkan dulu di luar di sangkar harian. Lihatlah bagaimana tingkah burung cendet jantan bila melihat burung cendet betina, bila burung lebih sering berkicau dan bernyanyi kemudian juga berusaha untuk mengejar betina, barulah burung di jadikan satu dalam wadah penangkaran.

Pada tahap awal penjodohan  bisa jadi burung akan saling bertengkar, bila si jantan yang menang dan mendominasi maka penjodohan akan berhasil, karena sifat cendet betina akan lebih mengalah kepada cendet jantan yang lebih jagoan. Lamanya waktu penjodohan tidak tentu tergantung kondisi burung dan ketersediaan pakan.

Bila burung sudah tampak jodoh, maka burung betina akan mulai mengumpulkan sarang, sementara Cendet jantan hanya melihat dan memantau keadaan. Selama masa penjodohan sebaiknya tidak memperlihatkan atau memperdengarkan suara burung cendet lain yang lebih gacor, agar cendet betina tidak penasaran dengan pejantan lainnya.

Untuk perawatan selama masa penjodohan, yang paling penting adalah menyediakan EF yang cukup, yaitu Jangkrik satu hari sekitar 51 ekor, UK sekitar 2 sendok makan dan UH sekitar 1 sendok. dengan disediakan EF yang cukup dipastikan burung akan lebih cepat berproduksi. Untuk mandi dan minum sebaiknya sediakan air yang bersih yang diganti setiap hari.

Bila burung cendet telah siap berproduksi, akan bertelur 2-3 butir telur tergantung kematangan induknya. dan akan mengeram selama +/- 21 hari. Setelah menetas, burung cendet piyikan sebaiknya diambil dan di suapi sendiri agar burung kelak menjadi burung yang jinak. Selain itu burung induknya juga biar segera berproduksi kembali.

Demikian secuil gambaran ternak cendet dari sudut simulasi belaka, dan bila para pembaca ternakgresik ternyata sudah sukses menangkarkan burung pentet ini maka aku berharap anda bisa memberikan masukan atau tips dengan teknik anda. kritik saran silahkan isi di kotak komentar. terimakasih.
Gambaran Seputar Ternak Cendet di Rumah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar