Halaman

Persiapan Ternak Cendet dan Piyik Juara

Persiapan Ternak Cendet dan Piyik Juara
Persiapan Ternak Cendet dan Piyik Juara
di kemudian hari sangat di cari para penggemar lomba burung berkicau dong tentunya dan indukan pentet yang baik tentu diharapkan melahirkan piyik kualitas tinggi, untuk memilih dan mengetahui ciri-ciri  anakan cendet calon juara dibutuhkan keahlian khusus walaupun tidak jaminan, paling tidak mendekati juara deh :D , syarat mutlak untuk penangkaran cendet adalah harus ada pentet / cendet jantan dan betina dong (normalnya).

Lalu cara membedakan Pentet / Cendet / Toet jantan dan betina apa dong ? sabar bro, jadi begini,  bagi orang awam / pemula seperti kita akan sulit membedakan burung cendet jantan atau betina, namun bagi yang cerdas (dokter hewan yg pintar) atau para hobi kicau mania sudah bergelut dengan burung ini akan mudah memahaminya ataupun siapa saja yg mau belajar untuk mengenalnya walaupun di lingkungannya. apalagi bila burung ini telah dewasa. burung Cendet memiliki banyak nama yang populer, kemungkinan beda daerah beda sebutan kali ya...? , diantaranya adalah : Toet, Pentet dan Bentet.
Berikut ini kami akan berbagi tips cara membedakan burung cendet betina dan cendet Jantan. Dimana dengan tujuan yang dipelihara dan dilombakana adalah burung jantan. karena burung cendet jantan lebih rajin berkicau daripada yg betina dan juga lebih cepat naik birahinya.
Untuk yang dewasa cukup mudah.

Rahasia Ciri-ciri Cendet jantan dan Cendet Betina dari Dewasa sampai Trotol:

  • Cendet dewasa lebih mudah yaitu warna di kepalanya hitam full, terkadang sampai ke lehernya. sedangkan yang betina hanya separo atau hanya di atas paruh saja.
  • Cendet muda bisa dilihat dari alis mata : untuk yang jantan alis hitamnya lebih tebal hitamnya dari pelipis mata kiri sampai mata kanan nyambung hitamnya. Sedangkan yang betina tidak nyambung hitamnya.
  • Untuk yang sudah trotolan juga lebih mudah lagi karena trotolan jantan sudah tampak bintik hitamnya hingga kepala full. sedangkan betina tidak.

Rahasia Pilih Calon Cendet Juara dg Katuranggan atau fisik body

  • Pilih juga postur cendet yang berbodi panjang, berparuh tebal, sehat, matanya bulat dan ekornya utuh. untuk hasil cendet yang bagus dan calon juara.
  • Memiliki nafsu makan yang tinggi dan tampak agresif.
Hal diatas merupakan tahap pada ulasan tentang ciri burung cendet jantan dan betina serta bibit burung cendet yang baik calon juara dilapangan. saat ini cendet madura menjadi burung paling banyak dicari karena memiliki ciri ciri yang baik untuk lomba, Tenang, mancep, kristal, volume tebal. meski ini pun tidak mutlak. jadi bagaimanapun dan sehebat apapun anda memilih belum pasti cendet / pentet anda juara 10 besar apalagi koncer A, B, C . banyak faktor dan usaha untuk menjadi juara.

Setelah anda bisa membedakan pentet jantan dan betina, tahap berikutnya adalah menjodohkan cendet anda, ketika sudah jodoh maka lebih baik periksa semua hal yang ada di dalam penangkaran, baik tempat minum, makanan, petangkringan, sarang, sarana mandi, kekuatan dan kondisi kandang, hewan penggangu dan lain sebagainya, bagi para MASTER kicau mania bisa menambahkan atau mengkritik artikel ini, bila ada salah mohon di benarkan paka kolom komentar ya .... salam kicau mania....

Demikian artikel ulasan tentang persiapan sebelum anda budidaya pentet dan artikel ini tentang Persiapan Ternak Cendet dan Piyik Juara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar