Halaman

Ternak Love Bird di Gresik

Ternak Love Bird di Gresik cukup fenomena, Burung Oceh yang satu ini cukup Cantik atau biasa orang memanggil Labet. Kalau melihat arti dari LoveBird adalah Burung Cinta, memang kalau kita memantau tingkah laku ocehan labet disaat sudah Jodoh tampak seperti selalu berdekatan bak romeo and yuliet :D , romantis untuk ukuran hewan Pemakan Biji. cara berternak lovebird atau Breeding Love Bird ( Agapornis ), burung lovebird memang burung yang cukup terkenal bagi para penghobi burung, maka dari itu banyak orang yang ternak lovebird, sebenarnya tidak terlalu sulit dalam berternak burung lovebird yang dipelukan dalam ternak lovebird hanyalah ketelatenan, tekat yang kuat dan di imbangi dengan modal yang kuat pula, trus yang harus di pelajari dalam ternak lovebird adalah membedakan jenis kelamin lovebird, cara berternak lovebird itu sendiri.


Beberapa hal yang penting dalam Budidaya Labet :

kandang perkawinan 

ukuran panjang 150 cm dan lebar dan tinggi 100 cm. Kandang dilengkapi sarang tempat bertelur bisa dibuat dengan papan ukuran panjang 20 -25 cm, lebar 20 -25 cm, tinggi 15-20 cm. Bahan sarang di pilih yg halus seperti daun pinus , jerami . Agar aman dari tikus kandang di buat dari kawat strimin . Dan jangan lupa kandang perkawinan harus diletakan di tempat yg tenang.

Sexing atau menentukan jenis kelamin

Sejauh ini, belum ada metode sexing lovebird yang paling akurat kecuali melalui tes DNA. Beberapa penangkar mencoba mengembangkan metode sexing berdasarkan katuranggan tertentu, misalnya postur betina sedikit lebih besar dan lebih kekar daripada jantan, bulu jantan lebih terang daripada betina, dan sebagainya.

Ada lagi yang menggunakan metode perabaan pada tulang pelvic, atau supit udang di bawah kloaka, di mana burung betina mempunyai supit udang yang lebih longgar daripada burung jantan. Namun, dalam praktiknya, semua itu tidak mudah diterapkan di lapangan. Hasilnya pun tidak bisa menjamin 100 persen benar.

Meski demikian, melalui pengalaman bertahun-tahun, setiap penangkar biasanya menemukan cara tersendiri dalam melakukan sexing.

bagi yang penasaran dengan Cara beternak Cucak Rowo , atau mencari penjual burung asal gresik ,klik aja sob.

Perkawinan Love Bird

Love bird siap kawin adalah yang berusia 8 Bulan . Telur love bird menetas tidak serempak , jadi satu persatu dengan selang waktu sekitar 2 hari .Penetasan berlaku 21 hari sejak telur di erami . Bila sudah berusia 2 minggu anakan harus segera disapih dan sebulan kemudian indukan siap di kawinkan lagi.

Kebutuhan Pakan Untuk Ternak Love Bird

Untuk menjaga kualitas indukan maka pemenuhan gizi harus diperhatikan . Bisa dengan pemberian jagung muda . Setiap hari seekor indukan mampu menghabiskan 2 tongkol jagung . Pakan lain berupa campuran milet putih , milet merah , gabah , kenari seed dan kuaci . Perbandingannya 2:1:1:1:0.5

Penanganan Anakan Love Bird

Anakan yang sudah disapih di pelihara dalam kandang pembesaran berukuran tinggi 40 cm , panjang dan lebar 30 cm . Agar suhu tetap hangat kandang harus dilengkapi lampu . Pakan untuk bayi love bird adalah bubur bayi dengan milet putih 2kg , milet merah 2 kg , gabah 1 kg, kenari seed 1 kg , dan kuaci 1 ons .  Bahan – bahan ini di blender sampai halus ketika masih kering . Kemudian di encerkan dengan air sehingga menjadi pasta . Anakan love bird di suapi tiap 2 jam sekali , dengan sendok kecil. Ketikan anakan sudah berumur satu bukan penyuapan hanya dilakukan 1 kali sehari .
Pemasangan ring bisa dilakukan pada saat anakan berumur tidak lebih dari 10 hari.

Telur Tidak Menetas


Bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya :
  • Indukan yang mandul.
  • kurang nutirisi.
  • telur tidak dierami indukan.
  • infeksi bakteri, dan lain-lain.
Sering dijumpai dalam satu tetasan, ada 1 atau 2 telur yang tidak menetas. Ini adalah hal yang wajar dan tidak perlu di khawatirkan.

Cacat Kaki.


Sering kita jumpai anak Lovebird yang kakinya tidak bisa berdiri dan mencengkeram dengan sempurna serta cenderung miring ke samping. Hal ini disebabkan karena bahan sarang yang ada didalam sangkar kurang mencukupi sehingga Lovebird tidak mempunyai dasar berpijak yang tidak licin. Kebanyakan kasus ini dijumpai pada glodok yang beralaskan papan triplek. Hindarilah menggunakan bahan ini dan gunakan papan yang belum diserut sebagai bahan dasar glodok.

Waktu Penentuan Harga Love Bird

Harga jual love bird di tentukan oleh warna baik warna bulu atau warna mata , Love bird siap jual ketika berumur sekitar minimal 40 Hari.

Bagi yang belum coba semoga artikel di atas bermanfaat. Demikian ulasan singkat postingan ini tentang Ternak Love Bird di Gresik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar